Tuesday, March 13, 2018

Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor Tidak Hanya Jalan-jalan Gratis


Menjadi seorang ibu harus banyak belajar mengenai gimana pola asuh anak yang baik,  belajar tumbuh kembang anak yang baik, belajar mengengenai parenting...Belajar bisa dari berbagai sumber seperti buku, majalah, media sosial dan mengikutii seminar-seminar atau workshop.

Sejak jadi ibu 3 tahun lalu saya tidak pernah belajar mengenai tumbuh kembang sikecil melalui media seminar dan workshop,,, Puji Tuhan sekali di bulan Januari 2018 kemarin berapa teman dunia maya ku menyapa ku dan mengajak aku mengisi form untuk ikut Mombassador SGM batch 7...Saat mengisi form itu saya deg-deg an sekali,..karna untuk menjadi mombassador SGM Eksplor adalah sebagian dari keinginan ku beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan informasi dari mombassador terdahulu menjadi mombassador sangat lah menyenangkan dan menarik. Karna menjadi komunitas mombassador kita bisa saling sharing tentang gimana sih merawat buah hati kita dengan baik, gimana nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang sikecil, selain itu menjadi bagian dari mombassador menambah ilmu kita sebagai Ibu Rumah Tangga memiliki pekerjaan sampingan seperti menjadi blogger, membuka usaha dan berwiraswasta. Di komunitas kita bisa saling mendukung dan belajar mengenai itu semua...

Semua data yang diminta dalam link pendaftaran mombassador saya isi dengan baik. tibalah saat di awal bulan Februari saya menerima email dari panitia MOmbassador bahwa mereka tertarik mengenai profil saya dan saya diminta untuk melengkapi link kembali sebagai sarana agar masuk ke seleksi berikutnya. Puji Tuhan sekali,.. tidak berapa dari mengisi link itu saya di telepon dan diinfokan bahwa saya terpilih sebagai salah satu Bunda-bunda mombassador di seluruh Indonesia... Senang nya luar biasa... 

Sejak ditelepon bahwa saya terpilih di mombassador Batch 7 saya langsung masuk ke grup WA mombassador batch 7 yang dibuat nonformal untuk kami-kami yang tergabung di dalam batch 7. Selain grup WA terbentuk juga grup di facebook... Grup ini benar-benar membantu saya untuk mempersiapkan segala sesuatu nya sebelum saya menuju Yogyakarta..

Tepat H-1 sebelum tanggal 6 Maret saya sudah mempersiapkan segala sesuatu nya untu my twins dan papa nya yang akan saya tinggal beberapa hari... Karena rumah saya berada di Labuhan Batu Utara yang memakan sekitar 5 jam ke bandara Kuala Namu Medan membuat aku harus berangkat dengan kereta api ke Kuala Namu Medan pukul 00.00 dini hari tanggal 6 Maret 2018.  Sesampai di Kuala NAmu waktu masih pagi sedangkan kami akan terbang ke Yogyakarta pukul 12.45 WIB... Sambil menunggu teman-teman ku isi waktu ku dengan minum kopi sambil menunggu bunda-bunda yang lain yang berangkat dari Kuala Namu. Satu persatu bunda-bunda hebat yang ada di Medan datang dan tepat pukul 12.45 WIB akhirnya kami berangkat ke Yogyakarta dengan waktu tempuh 3 jam..


Sesampai di Yogyakarta kami langsung di sambut oleh panitia yang luar biasa peduli dan care nya pada kami...Kami di antar ke Hotel Alana, dimana hotel alana merupakan salah satu hotel terbaik yang ada di Yogyakarta dengan memiliki fasilitas kolam renang yang indah. Sesampai di hotel kami di sambut dengan hangat oleh panitia penyelenggara seperti mba Dyah Arini, mba Reza dan mba Maisa yang luar biasa semangat dan banyak membantu kami bunda-bunda yang ceriwis dan banyak nanya nya... Sampai di Hotel sudah sore skitar pukul 18.00 waktu itu kami semua bunda-bunda dari Medan dan lampung yang duluan sampai hotel kami pikir saat itu panitia tidak menyediakan makan malam buat kami, saat bergerak hendak keluar hotel cari makanan ternyata panitia telah menyediakan nasi uduk yang luar biasa enak nya buat kami... Panitia nya memang TOP abis... Setelah lambung udah terisi kami pun minta waktu sama panitia untuk jalan-jalan sebentar ke Malioboro..Karna sesuai dengan scedule yang diberikan acara kami selama 3 hari cukup padat dan kemungkinan tidak ada waktu kami lagi jalan-jalan di Malioboro untuk berburu baju-baju batik yang murah-murah sebagi buah tangan kami.


Setelah pukul 10 malam kami pun kembali ke hotel dan segera istirahat,.. sebelum masuk ke kamar kami sudah dibagikan kunci kamar masing-masing, dimana satu kamar di isi 2 orang bunda. Saat itu roommate saya bunda UUt Fauziah... Bunda UUt orang ya kocak, ceria dan teruka.. Aku suka menjadi teman sekamar dengan bunda uut. Dan asik nya walaupun kami baru kenal kami udah bisa menciptakan banyolan-banyolan dan tertawa lepas.. tanpa terasa baru pukul 00.30 kami ngantuk dan tertidur pulas...


Hari pertama

Esoknya tanggal 7 Maret 2018 pukul 06.00 saya dibangun kan karna morning call berbunyi... Saya lanjut beberes, mandi dan sarapan. Saat di restouran hotel ternyata sudah ada bunda-bunda lainnya yang teah sampai.. Kami pun segera menuju ke Candi prambanan untuk registrasi, foto profil dan makan siang. Sesampai di Prambanan ternyata temu bundanya banyak... sekitar 200 orang bunda-bunda hebat seluruh Indonesia yang terpilih dari 3500 yang daftar berkumpul di temu bunda Batch 7 ini... Luar biasa !!!

Registrasi, Makan Siang dan Outbond

Setelah selesai registrasi kami pun mengikuti acara selanjutnya dengan Outbond. Outbond yang dilakukan sangat menarik dan banyak belajar dari outbond.., setiap permainan punya arti dan makna. seperti bermain lingkaran  kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, mengenal gejala dan penyebab anak elergi, belajar team work dan menjalankan sepeda bersama-sama dan menjaga kekekompakan memasukan bola sesuai dengan warnanya. 




Setelah setelah Outbond kamipun kembali berkumpul untuk mendengarkan sambutan dari panitia dan tim penyelenggara dari Temu Bunda Batch 7. Walau saat itu sedang hujan tidak menyurut semangat kami dan panitia sama sekali. 




Kemudian kami dibawa ke toko oleh-oleh membeli kaos khas yogyakarta. Setelah puas belanja-belanja kami pun kembali ke hotel untuk beristirahat dan kemudian lanjut acara makan malam dan Mombassador Class 'Personal Branding'.


Mombassador class 'personal branding' 

Banyak ilmu yang saya perolah ilmu yang saya perolah. Dimana sebagai bunda generasi maju haruslah berkarakter baik dengan memiliki sikap positif yang digunakan dalam mengasuh buah hati dan mengelolah rumah tangga. Karena moment menjadi bunda adalah hal yang membanggakan dan sangat membahagiakan sehingga harus diisi dengan cara hidup dan cara pandang yang baik, terus bersikap positif menbuat bunda nyaman menjalankan perannya.. Di Mombassador Class juga kami belajar bagaimana menjadi bunda yang baik dan memiliki etika dan etiket yang baik.




Setelah mengikuti Mombassador class kami pun kembali ke kamar kami masing-masing untuk beristirahat karna besok nya kami akan mengikuti Factory visit dan interactive workshop. Waktu kami sampai kamar hotel alangkah kaget nya kami dan terharu sekali.. di tempat tidur semua mombassador ada bunga mawar merah yang cantik dan coklat...romantis sekali ya...




Hari Kedua

Pukul 5 tanggal 8 Maret 2018 morning call berbunyi dan kami segera berkemas-kemas untuk mengikuti acara selanjutnya. KArena malam sebelumnya sudah seluruh bunda sudah dibagi dalam 4 kelompok dan saya kebagian kelompok B. Dimana kelompok A dan B akan melakukan factory visit terlebih dahulu baru setelah itu interactive workshop. Sedangkan untuk kelompok C dan D akan melakukan interactive workshop terlebih dahulu  kemudian factory visit. 

Setelah breakfast saya yang bergabung dalam kelompok B melakukan factory visit ke pabrik susu yang terbesar se asia tenggara.  Saat pertama sekali memasuki area pabrik susu SGM hal yang pertama yang membuat saya kagum pabrik nya sangat asri dan luas.. dimana seluruh kawasan pabrik dikelilingi rumput hijau yang tertata rapi dan bersih, kawasan yang sangat luas dan bersih. Kami pun sebelum mengunjungi pabrik diajak mendengarkan presetasi mengenai pengolahan susu dan ditunjukkan bagaimana begitu ketatnya bagian quality control untuk mengawasi seluruh proses pengolahan mulai dari susu segar sampai setelah dikemas kualitas susu tetap dikontrol dengan sangat baik.  


Di sini saya banyak belajar dan semakin jatuh cinta pada SGM. SGM adalah Susu Generasi Maju dengan harga relatif lebih murah dibanding merek susu lain tetapi tidak murahan. Setiap susu yang dikeluarkan semua nya telah teruji dengan seleksi yang sangat ketat bahwa teruji bebas dari bahan-bahan berbahaya. Selain itu uji kelayakan juga tidak hanya dilakukan di Indonesia tetapi juga dilakukan di luar negeri seperti Prancis. Untuk kandungan yang terdapat di dalam susu SGM sudah mampu memenuhi nutrisi seluruh lapisan anak bangsa dengan minum susu 2x sehari. 

Selain belajar mengenai proses pembuatan susu kami pun belajar mengenai 1000 hari pertama kehidupan. Arti 1000 hari pertama adalah mulai anak berusia 0 hari (masih di dalam rahim ibu) sampai di usia 24 bulan (2 tahun usia anak). Sehingga nutrisi yang paling baik diberikan adalah di 1000 hari pertama kehidupan. Di 1000 hari pertama kehidupan inilah proses tumbuh kembang anak sangat pesat. Nutrisi yang baik dan seimbang sangat membantu menjadikan anak sehat dan menjadi generasi maju. Karena 80 % pertumbuhan dipengaruhi oleh lingkungan termasuk nutrisi. Sedangkan hanya 20 % perkembangan dipengaruhi genetik. 





Jadi sebagai bunda kita haruslah memperhatikan asupan nutrisi sikecil mulai dari kandungan sampai usia 2 tahun. Jangan lah kita sebagai bunda sampai menyesal karena saat hamil dan sampai usia anak 2 tahun tidak memberikan nutrisi lengkap dan seimbang untuk sikecil...Di  sini uga dijelasin pedoman gizi seimbang meliputi 50% buah dan sayur, 30 % karbohidrat dan sisanya 20% protein. Selain nutrisi untuk anak nutrisi ibu hamil juga sangat penting diperhatikan, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat, tinggi asam folat dan calsium. Dengan memperhatikan nutrisi di 1000 hari pertama pertumbuhan sikecil, maka akan terbentuklah anak Generasi Maju. Dimana ciri-ciri anak generasi maju itu antara lain : Anak yang supel, anak yang kreatif dan anak yang mandiri. Nah...bagaimana bunda? sudah kah anak-anak kita memiliki 3 ciri anak generasi maju itu?


 interactive Workshop

Setelah kami melakukan factory visit dan mengadakan mengadakan sharing di pabrik susu Sari Husada, kami pun kembali ke Prambanan untuk foto bersama seluruh mombassador SGM Eksplor. Setelah kami foto-foto di prambanan kami pun kembali ke otel Alana dan lanjut ke acara selanjutnya yaitu interactive Workshop. Di Sini kami mendengarkan presentasi dari narasumber kami yang sangat memberi inspirasi bagi kami mombassador batch 7. Narasumber kami adalah Bunda Milda Ini (mombassador batch 4) dan bunda Efiy Sukaesih (mombassador batch 1). Kedua bunda yang menjadi narasumber kami ini sangat menginspirasi kami sebagai bunda yang tidak hanya diam di rumah saja tetapi mau berkarya dan memiliki nilai lebih di mata anak, suami, lingkungan dan dunia. 

Seperti Bunda Milda Ini adalah seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak, dan aktif menulis. Bunda Milda Ini aktif di Badan Pengurus Pusat (BPP) Lingkar Pena, manager Blogger FLP,  Founder dan ketua Blogger Bengkulu. Ketua relawan  TIK Provinsi Bengkulu dan aktif di bidang penulisan dan blogger. Selain itu bunda Milda Ini telah menerbitkan beberapa buku yang menjadi sumber inspirasi kita salah satu nya buku terbaru nya 'Smart and Happy Mom'.  Untuk Blog Bunda Milda Ini kita bisa membaca tulisan Bunda Ini di blog nya www.mildaini.com






Setelah Bunda Milda Ini presentasi dan memberikan semangat baru bagi kami dibilang blogger kami pun mendengarkan motivasi dari bunda Efiy Sukaesih. Budan Efiy Sukaesih adalah ibu dari satu orang anak putri, bekerja sebagai guru SMA, kepala PAUD Asma nadia, Ketua dan relawan rumah baca Asma Nadia di Garut.  Seorang blogger www.catataninspirasi.com. 




Sejak menjadi mombassador bunda Milda Ini dan bunda Efiy Sukaesih menjadi akhif dalam dunia parenting berupa tumbuh kembang sikecil, nutrisi untuk sikecil dan berbagi pengalaman di lingkungan sekitarnya. Harapan saya pribadi, saya dan seluruh mombassador SGM Eksplor di seluruh Indonesia mau berbagi ilmu selama yang diperoleh di mombassador untuk lingkungan sekitar tempat tinggalnya.


Setelah mendengarkan motivasi dari bunda-bunda hebat bunda Milda Ini dan bunda Efiy Sukaesih kami pun lanjut ke acara selanjutnya. Dimana panitia membagi kami dalam  kelompak yang terdiri dari 8 orang per kelompok. Kelompok kami mengambil Judul 'Anak Indonesia Bebas Malnutrisi'. Dan ternyata kelompok kami terpilih salah satu dari 3 kelompok yang akan mempresentasikan programnya. 

Diskusi kelompok menuliskan apa yang penjadi program Mombassador kedepannya.





Setelah diskusi kelompok acara selanjutnya workshop mendengarkan penjelasan lebih detail mengenai produk Susu SGM Eksplor dan SGM Soya,. Dimana denganpenjelasan ini semakin membuka mata saya bahwa susu SGM benar-benar Susu Generasi Maju yang dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat sehingga dengan susu SGM dapat mencerdasakan anak bangsa. Di workshop ini dijelaskan bahwa SGM adalah susu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Bangga nya saya... Di workshop ini juga dijelasin lebih detail sejarah Sari Husada, dan dijelasin kenapa susu SGM murah,. akhirnya saya tahu jawaban kenapa susu SGM harga nya murah,.. alasannya agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia mampu membeli susu dengan harga terjangkau dengan komposisi gizi sama dengan susu yang mahal di parasan.




Gala Dinner dan malam Inagurasi

Ini adalah salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu bunda-bunda mombassador, karna di sini bunda-bunda berdandan dan mengenakan gaun dengan nuansa merah,. Dimalam inagurasi acara nya seru banget karna MC nya juga seru banget,.. banyak kuis dan perlombaan di malam inagurasi,.. Di acara inagurasi ini seluruh mommbassador dibagikan batik mombassador oleh Ibu Naomi. Saat maju ke depan satu persatu rasa bangga yang kami rasakan,. dimana kami sudah resmi bergabung di komunitas mombassador SGM Eksplor.


Akhirnya setelah resmi menjadi mombassador kami pun kembali ke kamar kami masing-masing, Dan saat sampai di kamar lagi-lagi Panitia memberikan kejutan yang luar biasa membuat hati bahagia...gimana tidak kami seluruh mombassador memdapatkan buah tangan yang enak-enak sekali...




Day 3


Fun Workshop

Dihari ke-3 tanggal 9 Maret 2018 morning call berbunyi pukul 05.00 wib. Kami pun beberes karena hari ini kami akan chek out... Setelah berbenah, mandi, dan sarapan. kami pun lanjut dalam kegiatan Fun Workshop dan Closing Event. Di acara Fun Workshop ini tiga kelompok yang terpilih mempresentasikan program kerjanya sebagai mombasador batch 7. Salah satu nya kelompok saya.. Walau kami khususnya saya agak sedikit grogi mempresentasikan program kami Puji Tuhan kami dapat juara 2...




Setelah Fun Workshop acara pun lanjut dengan membacakan siapa yang terpilih menjadi 5 orang pemenang photo competition, 3 orang pemenang Vlog, menjadi bunda inspiratif, bunda netizen dan bunda persahabatan. Semua bunda-bunda yang terpilih adalah bunda-bunda yang luar biasa....


Akhirnya pukul 13.00 Wib kami pun kembali ke bandara Adisutjipto dan kembali ke daerah kami masing-masing walau ada yang naik Kereta api seperti bunda-bunda yang berasal dari Bandung, Naik travel bagi bunda-bunda yang rumahnya tidak begitu jauh dari Yogyakarta, dan ada juga yang sudah berangkat pukul 09.00 Wib seperti yang dari Batam karena pesawat ke Batam penerbangan pagi.  Walau pun begitu kami sangat bahagia dan merasa sangat Istimewa bak seperti Ratu selama 3 hari Di Yogyakarta....


Terimakasih saya ucapkan untuk seluruh panitia, pembicara dan seluruh bunda-bunda semua nya... Semua nya luar biasa bagi ku...Semua nya sebagai sumber inspirasi bagi ku....

Tuhan akan selalu memberkati kita bunda-bunda hebat di Seluruh Indonesia dan kita sebagai bunda bagi Anak Generasi Maju tetap lah menjaga kekompakan dan menjaga komunitas dalam komunitas Mombassador SGM Eksplor.


#MombassadorSGMEksplor

#TemuBundaBatch7

12 comments:

  1. Tulisannya lengkap , jadi kayak diputar ulang saja,obat kangen Ama mombassador

    ReplyDelete
  2. tulisannya komplit sekali, bunda super smua ...... senang ktmu smua bunda2 hebat di acara Mombassador SGM... we love you SGM .... hiks....

    ReplyDelete
  3. Lengkapp..bangettt bund ..ulasannya. senang berada ada di bagian ini Mombassador batch 7..semangat sehat berkarya dan manfaat bunda"

    ReplyDelete
  4. Komplit lengkap ceritanya....hihihi, maafkan aku suka ngerusak foto pake pose mangap ya mba 🤣

    ReplyDelete
  5. Keren sekali bunda.
    Suka deh. Detail tulisannya :)

    ReplyDelete