Sunday, May 21, 2017

Lactacyd Herbal Jadikan Wanita Indonesia Lebih Percaya Diri



Hi ladies! adakah kita sebagai wanita Indonesia yang menjalankan begitu banyak peran? Di dalam kehidupan kita banyak sekali loh peran yang harus kita jalankan,.. mulai dari pagi sampai malam kita menjalankan aktivitas kita sesuai dengan peran kita masing-masing. 


Seperti hal nya saya, sebagai seorang ibu bagi anak-anak saya yang masih batita, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak dari orang tua saya, menantu dan saudara ipar dari keluarga suami, sebagai tetangga bagi lingkungan sekitar rumah ku, dan juga sebagai wanita yang memiliki usaha dagang kecil-kecilan (online) membuat saya merasa waktu berjalan begitu cepat. 



Setiap pagi saya harus bangun sebelum anggota keluarga bangun, setidaknya pukul 4.30 sudah mulai beraktivitas, Hal yang pertama sekali saya lakukan adalah berdoa terlebih dahulu setelah itu melakukan aktivitas seperti memasak, mengurus keperluan suami seperti sarapan, perlengkapan untuk dibawa suami kerja. Setelah mengurus keperluan suami dan suami telah berangkat kerja jika anak-anak belum bangun saya segera membersihkan diri dulu dan sarapan pagi, jika anak-anak sudah bangun kadang untuk mandi dan sarapan pintar-pintar saya mencuri waktu.  

Ya...mengurus anak sebisa mungkin saya lakukan sendiri tanpa bantuan baby sitter. Di rumah hanya ada seorang Asisten rumah tangga yang pulang hari, yang urusannya setrika pakaian karna kalo nyuci pake mesin cuci yang saya gunakan dimalam hari, dan beres-beres rumah saja. Untuk urusan memasak dan mengasuh kedua anak ku saya pegang sendiri. Baik itu soal makanan untuk anak-anak dan suami, pakaian anak-anak dan suami dan segala perlengkapan anak-anak dan suami saya pegang sendiri. Dalam mengasuh anak sebisa mungkin saya dan suami yang langsung turun tangan. Di usia anak yang masih 2 tahun 7 bulan dimana di usia inilah golden age seorang anak. Menjadi sahabat paling dekat anak, teman curhat anak, dan mendidik anak menjadi pribadi yang baik membuat hubungan saya dengan anak menjadi sangat dekat dan saya tidak bisa jauh dengan anak-anak saya lebih dari 1 jam. Mengurus anak kembar tidak lah mudah tetapi juga tidak lah susah juga jika semua berjalan dengan baik agar tumbuh kembang anak lebih optimal.

Dulu nya saya memang bekerja di salah satu perusahaan multinasional bahkan bisa dikatakan penghasilan yang diberi perusahaan tidaklah sedikit. Tetapi karna fokus saya untuk mengurus suami dan anak kembar saya akhirnya saya berhenti bekerja di luar rumah. Awal nya sih agak berat bekerja full di rumah mengurus anak-anak dan suami karna saya takut merasa bosan dan jenuh di rumah saja. Akan tetapi berjalan nya waktu mengurus anak-anak dan suami ternyata tidak membuat saya jenuh dan bosan, malah waktu berjalan begitu cepat saja. Sebagai kegiatan tambahan saya gunakan untuk berdagang pakaian kecil-kecilan di rumah (offline) dan online.

Untuk mengurus kedua anak saya yang masih batita sebisa mungkin saya melakukan setiap hari dengan jadwal yang pasti. Misalnya saja anak-anak sarapan pukul 8.00, setelah itu mandi pagi tidak lebih pukul 9.00, kemudian pukul 10.00 anak-anak saya berikan jus buah-buahan atau buah potong, sambil minum jus saya sekalian bermain-main dengan anak-anak seperti bermain puzzle, menyusun balok, mobil-mobilan, bermain alat-alat musik seperti gitar atau piano. Waktu ini saya gunakan untuk mengajar dan mendidik anak atau istilahnya homeschooling. Karna menurut saya mendidik anak dimulai dari keluarga, orang tua anak lah yang lebih tahu bakat dan minat anak-anaknya sejak dini. 

Pukul 12 anak-anak sudah makan siang, setelah itu pukul 13.00 anak-anak tidur siang, dan saat anak-anak tidur siang  di situ saya sempatkan berjualan secara online dan offline di lingkungan tetangga. Pukul 16.00 biasanya sikecil sudah bangun dari tidur siangnya, setelah itu anak-anak mandi sore. Pukul 17.00 waktu nya makan sore, setelah makan sore anak-anak bermain sepeda saya ajak keliling-keliling kompleks rumah atau ke tempat bermain anak-anak. Pukul 18.30 kami sudah di rumah. Biasanya suami sudah pulang kerja pukul 18.30, di situlah saya  menjalankan peran kembali untuk memasak makan malam untuk suami, dan makan malam bersama suami di rumah.  Setelah mengurus suami pukul 20.00 saya kembali mengurus anak-anak, memberi susu untuk anak-anak, mengganti pakaian tidur anak-anak, bercengkrama dengan anak-anak dan pukul 21.00 anak-anak sudah tidur malam,,  setelah anak-anak tidur saat nya bercengkrama dengan suami dan melayani suami. Jika suami sudah tidur di situlah saya mulai lagi berjualan online dan menulis di blog saya. Dan di sela-sela mengurus anak-anak, suami, berjualan online saya juga selalu sempatkan mengurus hewan peliharaan kami dengan rutin membersihkannya, memberi makan dan mengajak bermain mini pom hewan peliharaan kami.


Ketika kita menjalankan peran sebagai ibu bagi anak-anak kita dan istri bagi suami kita pasti donk kita punya harapan.. Begitu juga saya, harapan saya dengan menjalankan peran sebaik mungkin anak-anak saya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia, baik, handal, sehat dan dicintai semua orang terlebih Pencipta. Harapan saya sebagai seorang istri dari suami saya, suami selalu sehat, bahagia dan menjadi pendamping suami yang baik dan dapat dihandalkan. Sebagai seorang pedagang pakaian kecil-kecilan, walaupun saya saat ini menjalankan bisnis online saya hanya saat anak-anak tidur siang dan tidur malam paling tidak saya dapat belajar untuk memulai usaha berdagang mulai dari kecil-kecilan. Dan harapan saya konsumen puas dengan dagangan saya dan juga saya semakin hari semakin belajar bagai mana memulai bisnis berdagang dan belajar bagai mana membuka bisnis usaha yang lebih besar nantinya. Impian saya kedepan nya dengan memulai bisnis kecil-kecilan ini sebagai langkah awal untuk membuka toko pakaian jadi.


Ladies... Masih banyak loh peran-peran yang kita jalankan selain sebagai ibu, istri, bekerja. Peran yang lain nya itu seperti tetangga bagi lingkungan sekitar kita, peran di adat istiadat sesuai suku kita, peran di keluarga kita dan keluarga suami, dan masih banyak peran lainnya. Sebagai seorang wanita saya berusaha menjalankan peran-peran saya sebaik mungkin. Karna saya yakin ketika saya menjalankan peran saya dengan baik maka anak-anak saya, suami saya,orang tua saya, menantu dan saudara ipar saya,  tetangga saya, dan konsumen saya pastilah akan bahagia.

Ladies...dalam menjalankan peran apakah kita tidak ada hambatan? Tentu tidak ya ladies...dalam menjalankan peran-peran kita pastilah ada hambatan-hambatan, seperti :


1. Waktu yang saling berbenturan

Ladies..apakah kita pernah mengalami kejadian ketika kita menjalankan peran sebagai ibu di waktu yang sama kita juga harus menjalankan peran sebagai istri atau menjalankan peran yang lain?

Kejadian waktu yang saling berbenturan sering saya mengalami, contohnya saja ketika saya sedang menyiapkan sarapan pagi untuk suami tiba-tiba si kecil bangun dan rewel minta digendong. Supaya semua peran dapat dilaksanakan akhirnya saya masak sambil gendong sikecil..atau  saat anak-anak mau tidur siang dan minta mamanya disamping anak-anak untuk ditemani tidur siang tiba-tiba pembeli datang untuk membeli barang dagangan.  Masih banyak lagi loh kejadian yang kita alami dimana waktu yang saling bertabrakan saat menjalankan peran kita. Banyaknya peran yang kita jalani sering membuat waktu saling berbenturan.


2. Kelelahan

Hambatan selanjutnya adalah kelelahan, ya...kelelahan sampai akhirnya kita menjadi sakit akan menghambat kita menjalani peran. Kebanyakan peran bisa membuat kita jadi lelah loh. Tidak dapat dipungkiri jika bertanya pada wanita yang memiliki anak kecil, peran sebagai apa yang memiliki tingkat kelelahan paling tinggi? Mayoritas para wanita akan menjawab : peran sebagai ibu rumah tangga...

Seperti nya peran sebagai ibu rumah tangga adalah hal sepele, tapi tau ga sih,..ternyata menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga memiliki tingkat kelelahan paling tinggi loh,..Dibandingkan wanita yang bekerja di kantor. Dulu waktu belum punya anak dan masih bekerja di salah satu perusahaan financial sebagai marketing dengan penghasilan rata-rata dua digit membuat saya merasa sangat lelah dan ingin segera resign kalau sudah punya anak. Setelah punya anak dan berhenti dari dunia marketing di  perusahaan waktu saya bekerja dulu baru saya menyadari Ibu rumah tangga seutuhnya jauh lebih melelahkan tetapi juga lebih bahagia.

Nah ladies,... jangan sampai loh karna peran-peran yang kita jalankan kita mengalami kelelahan fisik dan fisikologis. Kelelahan fisik itu seperti terlalu mudah capek, masuk angin karna kurang istirahat, kepala sering pusing-pusing, sakit maag, Atau mengalami kelelahan fisikologis seperti bingung ga bisa memutuskan peran mana yang harus duluan dilaksanakan, panik sampai akhirnya jadi emosi dan marah-marah.


3. Kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh khusus nya area V

Ketika kita menjalankan peran-peran kita sering sekali kita lupa waktu untuk mengurus kesehatan dan kebersihan tubuh. Sering kita kurang merawat kesehatan kulit, rambut dan hal paling sering kita kurang merawat kesehatan area V.  Karena kurang nya waktu dan tidak fokus untuk merawat area V banyak sekali masalah area V muncul seperti keputihan, gatal-gatal, dan bau tak sedap.




1. Lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan banyak nya peran yang telah melekat di dalam diri kita maka kita harus bertanggung jawab kepada Pencipta dan sekitar nya dengan peran yang telah diberikan kepada kita. Jika kita tanamkan rasa tanggung jawab maka bersungut-sungut akan tersingkirkan dengan sendirinya. Tanam saja dalam pikiran" saya harus selesaikan semua karna ini tanggung jawab saya".


2. Lakukan dengan sepenuh hati

Dalam menjalankan peran jangan pernah bermalas-malasan ya ladies...misalnya nya nih dalam mengurus anak, jangan karena kita malas memasak anak hanya dikasih makan nasi dan ikan doank...anak harus makan makanan asupan gizi lengkap setiap hari. Jangan malas memberikan sayur dan buah untuk anak kita. Menjalankan peran akan jauh lebih baik jika kita melakukan dengan tulus hati.


3. Utamakan proses 

Untuk mendapatkan hasil atau harapan yang diinginkan tidak mungkin diperoleh begitu saja, harus ada proses yang kita jalani secara benar dan baik agar hasil yang diperoleh juga sesuai harapan kita.  Misalnya kita menginginkan anak-anak kita menjadi pribadi yang baik, sehat dan pintar. Untuk agar anak sehat, pintar dan menjadi pribadi yang baik tidak dapat diperoleh begitu saja, tetapi harus melalui proses yang tepat. Proses yang tepat itu misalnya seperti memberikan asupan gizi yang optimal, menstimulasi anak setiap waktu, dan membuat anak bahagia dan lain sebagainya.


4. Lakukan semua peran dengan percaya diri

Melakukan semua peran wajib hukum nya kita harus percaya diri ladies....ketika kita percaya pada diri sendiri pasti dengan kita merasa nyaman beraktivitas dan juga dengan sendirinya kita percaya pada orang lain juga.

Menciptakan percaya diri dimulai dari diri sendiri, merawat tubuh dan area V akan menambah kepercayaan diri kita sendiri loh ladies...


5. Management Waktu, emosi, diri dan kesehatan yang baik


Management Waktu  

Dalam menjalankan peran penting sekali dalam kita mengatur waktu agar tidak ada atau mengurangi terbenturnya waktu saat menjalankan peran kita. Misalnya saya harus bangun pagi sekali pukul 4.30 agar saya dapat memiliki waktu memasak, membersihkan rumah, menyuci pakaian sebelum anak-anak dan suami bangun. Sehingga ketika anak-anak dan suami bangun pekerjaan rumah saya telah selesai.


Management Emosi

Ketika kita menjalankan berbagai peran khusus nya peran sebagai ibu bagi anak-anak kita apalagi anak-anak masih kecil kita sangat membutuhkan management emosi yang baik, sangat dituntut kesabaran seorang ibu. Misalnya si anak tidak mau makan padahal sudah waktunya makan, sering kita terbawa emosi dan marah pada anak yang tidak mau makan. 

Ladies...jangan sampai loh emosi kita yang berlebihan berdampak negatif buat sekitar kita. Dengan mengatur dan menahan agar emosi kita tidak mudah meledak-ledak kita harapkan efek yang positif yang menciptakan suasana damai dan bahagia.


Management Diri

Salah satu hal yang penting dalam menagement diri adalah dengan meningkatkan percaya diri, hal yang paling utama adalah kita harus mengenal diri sendiri, dengan mengenal diri sendiri kita tahu keunggulan diri kita sendiri sehingga kita lebih percaya diri dan menonjolkan yang lebih di dalam diri kita sendiri. Kita harus percaya diri sendiri sehingga dengan sendirinya kita percaya pada orang lain. 


Management Kesehatan

Dalam menjalankan peran yang membuat fisik dan fisikologis melemah sangat dibutuhkan management kesehatan yang baik. Dengan waktu istirahat yang cukup (6-8 jam per hari) kita berharap tubuh kembali fresh dan bugar setiap hari nya. Management kesehatan juga diperlukan olah raga yang cukup. Setidak nya olah raga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari sangat dibutuhkan tubuh.


6. Punya waktu untuk menyenangkan diri sendiri (me time)

Me time bisa seperti pergi shopping, makan di restoran favorit, pergi ke objek wisata atau sekedar bermain game sebentar untuk menenangkan pikiran, dan melakukan perawatan tubuh. Me time juga dapat dengan cara melakukan perawatan Agar tubuh lebih percaya diri dan kembali bugar sangat dibutuhkan perawatan tubuh, seperti pergi ke sanggar aerobik agar dapat berolah raga sehingga badan kembali sehat dan ramping. Selain itu juga perlu melakukan perawatan  misalnya pergi ke salon kecantikan secara rutin. 


7. Selalu merawat Area V

Selain perawatan kulit tubuh, wajah dan rambut juga yang sangat dibutuhkan adalah perawatan area V. Sering sekali kita lupa merawat area V,  padahal ketika kita lupa merawat area V akan muncul masalah yang juga sering kita alami seperti gatal-gatal, keputihan, bau tak sedap dan terlalu becek saat berhubungan badan. Jika area V mengalami masalah pasti lah kita merasa tidak nyaman menjalankan peran kita sehari-hari. 



  • Keputihan 
  • Mungkin merawat area V adalah hal yang sepele, akan tetapi ketika kita tidak merawat area V akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya ternyata keputihan. Keputihan digolongkan keputihan yang normal seperti keputihan saat mejelang atau sesudah menstruasi. Selain itu keputihan bisa menjadi hal yang tidak wajar yang bersifat patologis(abnormal) jika :

    1. Keluarnya cairan seperti mestruasi
    2. Cairan kental dan berbau busuk
    3. Bewarna kuning hingga kehijauan
    4. Menimbulkan rasa gatal disekitar vagina
    5. Muncul rasa panas pada vagina

    Ladies..jangan anggap enteng dengan keputihan, keputihan abnormal jika tidak ditangani dengan baik akan berakibat fatal seperti kemandulan,kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan), dan lebih bahaya lagi keputihan gejala awal dari kanker rahim, kanker rahim adalah penyakit yang berbahaya yang akan berujung pada kematian, jadi jangan sepelekan keputihan.



    • Gatal-Gatal
    Ladies, apakah pernah mengalami gatal pada daerah kewanitaan? Dari beberapa study menyebutkan bahwa 1 dari 3 wanita bisa dipastikan pernah mengalami gatal-gatal daerah kewanitaan. Gatal ini sendiri disebabkan oleh banyak hal. Gatal yang terjadi bukan hanya mengganggu kenyamanan sehari-hari, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit lain di daerah kewanitaan yang lebih berbahaya. 

    Gatal yang terjadi pada daerah kewanitaan disebabkan oleh ketidakseimbangan Ph di daerah area V. Ketidakseimbangan ini sendiri menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri berlebih pada daerah kewanitaan sehingga menimbulkan gatal. Perkembangan bakteri ini sendiri biasanya terjadi karena seringnya buang air kecil sehingga area V menjadi lembab. Penyebab daerah kewanitaan gatal juga terjadi karena pola hidup yang kurang sehat seperti menggunakan celana yang ketat, tidak sering mengganti pakaian dalam, membasuh area V dengan air yang kurang bersih.

    Pengalaman saya pribadi saat saya tidak rutin menggunakan pembersih kewanitaan dikarenakan sibuk mengurus anak kembar saya waktu masih bayi padahal saya sering buang air kecil membuat area V saya menjadi gatal, saya pikir hanya gatal biasa saja. Akan tetapi gatalnya semakin parah area V, selangkahan dan paha saya sampai gatal dan muncul bentol-bentol merah. Karna tidak kuat lagi akhirnya saya sempatkan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Setelah diperiksa ternyata di area V saya ada jamur yang cukup parah. Karena jarang membersihkan area V dan kondisi area V saya sering lembab membuat jamur menyebar ke selangkahan, paha sampai kebagian tubuh lainnya. 


    • Bau tidak sedap di Area V
    Bau vagina seorang wanita dapat berbeda-beda di dalam satu siklus menstruasi. Kita juga tidak perlu khawatir jika area V terasa bau setelah melakukan aktivitas yang berkeringat. Meski begitu, vagina bau yang disertai dengan gejala lain perlu diwaspadai. Karena, itu artinya terdapat masalah pada kesehatan daerah kewanitaan kita. Gejala yang mungkin muncul antara lain, vagina berbau tidak sedap atau busuk, vagina memerah, gatal, sering merasa ingin buang air kecil, tidak nyaman saat buang air kecil, keputihan berwarna hijau atau kuning, serta pembengkakan di sekitar selangkangan. 

    Selain itu, meski jarang terjadi atau tergolong tidak umum terjadi, penyebab timbulnya vagina bau lainnya antara lain adalah kanker vagina, kanker serviks, fistula rektovaginal.



    • Area V berlendir atau becek saat berhubungan badan
    Cairan atau lentir yang keluar dari area V merupakan proses alami pada wanita terutama ketika mengalami ransangan saat berhubungan suami istri. Selain efek ransangan cairan tersebut merupakan bentuk pelumasan supaya Mr P mudah melakukan penetrasi ke area V. Namun masalah masalah sering muncul ketika cairan area V yang keluar terlalu berlebihan. Akibatnya area V terlihat sangat basah bahkan cenderung becek akibat cairan yang keluar tidak normal. Kondisi ini akan membuat suami tidak nyaman dan kurang menikmati hubungan intim suami istri.



Untuk mengatasi masalah keputihan, gatal-gatal, bau tidak sedap dan area V becek yang berlebihan saat melakukan hubungan intim sangat disarankan wanita melakukan perawatan. Melakukan perawatan area V bukan hanya dilakukan oleh wanita yang telah menikah loh, perawatan area V dapat dilakukan oleh seluruh wanita yang telah mengalami mestruasi. Paling tidak untuk wanita yang belum menikah perawatan area V untuk menghindari yang namanya keputihan, gatal-gatal dan bau tidak sedap. 

Seperti pengalaman saya pribadi saat  usia saya masih 18 tahun,, perut bagian kanan bawah  saya sakit. Saat itu saya kuatir terkena usus buntu. Setelah saya pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan termasuk USG ternyata saya mengalami keputihan...saat itu saya baru sadar keputihan juga dapat menyebabkan nyeri, rasa sakit dibagian perut dan dapat di alami oleh wanita yang masih muda asal sudah mengalami mestruasi.



Perawatan area V ala saya :

  1. Hindari pemakaian sabun badan untuk membersihkan area V
  2. Hindari membersihkan area V hanya dengan membasuh dengan air saja
  3. Memakai pakaian dalam dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik
  4. Mengganti Celana dalam minimal 2 kali sehari ( pagi dan sore)
  5. Mengeringkan area V dengan handuk bersih setelah selesai buang air kecil dan mandi
  6. Mengganti pembalut maksimal 4 jam sekali saat mestruasi
  7. Menghindari pemakaian celana jeans terlalu ketat
  8. Hindari stress
  9. Menggunakan sabun pembersih khusus kewanitaan yang memiliki ekstrak susu, dan tanaman herbal seperti Sirih dan mawar.

Ladies,. Jangan pernah ya membersihkan area V dengan sabun mandi, Karna sabun mandi itu bersifat basa, sedangkan pH di area V bersifat asam, hal ini dikarenakan di area V secara alami terdapat bakteri baik yang dapat membunuh bakteri patogen. Akan tetapi ketika kita membasuh area V dengan sabun yang pH nya basa maka dengan sendirinya sabun tidak hanya membunuh bakteri patogen tetapi juga membunuh bakteri baik di area V. Sehingga ekosistem bakteri baik di area V terganggu bahkan bisa punah dan ketika ekosistem bakteri baik terganggu  otomatis dengan leluasa bakteri jahat menyebar di area V. itu lah yang menyebabkan tumbuh jamur dan kuman yang menyebabkan keputihan, gatal-gatal, dan bau tidak sedap.



Membersihkan area V juga tidak cukup dengan menggunakan air saja, karena pH air bersifat normal yaitu 7, ketika pH di area V meningkat karena berbagai faktor seperti saat mestruasi, sering buang air kecil, memakai celana ketat sehingga area V lembab. Hal ini membuat pH di area V meningkat. Kalau pH di area V sudah meningkat maka membersihkan area V dengan air yang pH nya normal pastilah tidak mampu menurunkan kembali pH di area V menjadi asam kembali.

Note :  Kadar pH air dan sabun mandi diuji dengan menggunakan pH Indikator. Kertas pH Indikator  dicelupkan ke air dan air sabun mandi. Dalam beberapa detik kertas pH indikator akan berubah warna sesuai kadar pH masing-masing dan warna dicocokkan dengan warna pH yang tercantum dikemasan pH indikator.


Melakukan perawatan area V harus menggunakan pembersih khusus kewanitaan. Upps... tidak semua loh pembersih khusus kewanitaan yang di jual di pasaran aman digunakan apalagi digunakan setiap harinya,.. Sejak usia remaja saya telah mempercayakan Lactacyd sebagai pembersih khusus kewanitaan saya, karena kandungan utamanya adalah ekstrak susu yaitu laktoserum dan asam laktat yang sangat berperan merawat area V saya dan selalu membuat pH area V saya tetap asam ( 3,8 - 4,5) sehingga bakteri patogen tersingkirkan.



Ladies..sekarang Lactacyd telah meluncurkan produk baru yaitu LACTACYD HERBAL. Dengan dikeluarkan produk baru Lactacyd herbal melengkapi semua keinginan wanita Indonesia yang sejak dahulu mempercayakan bahan-bahan herbal seperti daun sirih untuk kesehatan Area kewanitaannya. Saya pribadi telah mecoba Lactacyd herbal setelah saya coba Lactacyd herbal saya langsung jatuh cinta dan kagum dengan hasil yang telah saya dapatkan semenjak memakai Lactacyd herbal.






Lactacyd Herbal telah melengkapi kebutuhan wanita Indonesia karena :


1. Produk Pembersih Kewanitaan yang terkenal di dunia

Ladies! siapa sih kita yang tidak mengenal Lactacyd? Lactacyd merupakan brand international yang sudah dikenal di seluruh dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Lactacyd  merupakan produk dari Sanofi Winthrop Industrie Paris.  Sanofi merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia yang bermarkas di PARIS. 



Produk unggulan Sanofi adalah Lactacyd yaitu Lactacyd Feminine Hygiene, Lactacyd All Day Fresh, Lactacyd White Intimate Lactacyd Feminine Wipes, Lactacyd Teens dan Lactacyd Herbal yang baru saja diluncurkan. Di Indonesia Lactacyd Herbal didistribusikan oleh PT.  Aventis Pharma.



2. Memiliki tiga paduan yang unik


Lactacyd herbal memiliki tiga paduan yang unik yaitu ektstrak sirih, susu dan mawar. Kandungan ekstrak sirih, susu dan ekstrak mawar ini lah yang menjadi daya pikat saya terhadap Lactacyd herbal, Karena ternyata ketiga 





1. Daun Sirih

Wanita membutuhkan bahan-bahan alami yang dipercaya memberikan manfaat terbaik bagi tubuh. Salah satunya adalah daun sirih, yang sudah sejak ratusan tahun lalu menjadi bahan alami yang digunakan wanita Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol. Daun sirih memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat lebih ampuh dari antiseptik pada fenol biasa. Pada masa menstruasi, bakteri tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bau, gatal, atau iritasi kulit lainnya. 


 Manfaat daun sirih :

1. Menghilangkan rasa gatal di area V
2. Mengatasi keputihan 
3. Membersihkan area V dari bakteri dan jamur
4. Dipercaya dapat memberikan efek rasa kesat di area V


Karena manfaat-manfaat daun sirih di atas sering wanita Indonesia merebus daun sirih kemudian membasuh air rebusan daun sirih di daerah kewanitaanya. Tetapi sangat tidak praktis jika untuk memperoleh manfaat di atas kita merebus terlebih air daun sirih. Solusi yang paling tepat adalah memakai pembersih area kewanitaan yang mengandung ekstrak daun sirih.

`
2. Ekstrak susu

Di dalam vagina terdapat berbagai macam bakteri, 95 % Lactobacillus (bakteri baik), 5 % patogen. Dalam kondisi ekosistem vagina seimbang, bakteri patogen tidak akan mengganggu. Bila keseimbangan itu terganggu, misalnya tingkat keasaman menurun, pertahanan alamiah akan turun, dan rentan mengalami infeksi. 

Ketidakseimbangan ekosistem vagina disebabkan banyak faktor. Di antaranya darah haid, seringnya buang air kecil sehingga area V lembab, memakai celana yang ketat, membasuh area V dengan air tidak bersih, penyakit tertentu seperti diabetes melitus, gangguan hormonal seperti pubertas dan menipose juga dapat mempengaruhi ketidakseimbangnya ekosistem vagina.

Untuk itu hal penting yang harus diketahui, yaitu menjaga keseimbangan ekosistem vagina agar tidak terjadi infeksi. Ia mengingatkan, cara paling mudah adalah menjaga kebersihan vagina, tetapi dengan dengan tetap mempertahankan derajat keasaman, sehingga pertumbuhan Lactobacillus meningkat dan perkembangbiakan organisme patogen terhambat. 

Ekstrak susu mengandung senyawa laktat, laktose, dan trace element. Asam laktat merupakan produk yang dihasilkan oleh glikogen dan metabolisme glukosa yang berfungsi untuk menjaga agar pH area kewanitaan tetap asam, yaitu antara 3,8 - 4,5. Jika pH dapat dikontrol maka pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Selain menjaga keseimbangan keasaman area V ekstrak susu juga bermanfaat untuk melembutkan area V. Masih ingat dengan Ratu Mesir, Cleopatra yang kecantikannya sangat tersohor itu?  salah satu resep rahasia untuk menjaga kehalusan kulitnya, susu. Resep ini kabarnya masih tersimpan dalam tulisan hieroglyph, tulisan bangsa Mesir Kuno. Sedangkan di dunia kecantikan modern manfaat susu sudah dikenal luas untuk menjaga kecantikan dan kehalusan kulit tubuh dan juga melembutkan kulit area V.



3. Bunga Mawar

Bunga yang melambangkan cinta ini nyatanya memiliki banyak manfaat baik bagi kecantikan kulit tubuh dan area V kita.
Kita semua tentu sudah tahu bahwa bunga mawar merupakan simbol dari cinta. Namun ternyata bunga ikonis ini memiliki manfaat lain yang berguna untuk merawat kecantikan kulit dan untuk merawat area V kita.

Minyak essensial dari bunga mawar ampuh digunakan untuk merawat jerawat yang terdapat pada kulit. Sifat antibacterial yang terkandung didalamnya akan membunuh kuman-kuman penyebab timbulnya keputihan pada area V,Geraniol dan zat tanin pada mawar digunakan sebagai antiseptik untuk menghilangkan jamur dan bakteri, biasanya untuk menjaga kesehatan pada daerah kewanitaan atau masalah pada keputihan. 

Aroma bunga mawar memberikan Efek rileksasi: Aroma bunga mawar yang lembut akan membantu Anda merileksasi tubuh dan pikiran.


3.  Telah melakukan riset konsumen 

Sanofi Indonesia telah melakukan rangkaian riset yaitu riset formula dan benefit. Dengan menggunakan metode Home Use Test Ipsos, 162 wanita Indonesia pengguna pembersih kewanitaan diminta untuk menggunakan Lactacyd Herbal secara blind test (tanpa diketahui merknya) sebanyak dua kali sehari selama 10 hari pada April 2016. Dari Riset formula disimpulkan bahwa Lactacyd Herbal bisa diterima oleh wanita Indonesia sebagai pembersih area kewanitaan. dan riset benefit yang telah dilakukan disimpulkan bahwa sesuai parameter-parmeter yang telah diuji coba pada konsumen seperti rasa kesat, wangi lebih tahan lama, membersihkan area V dan lain sebagainya, dari 21 parameter ada 14 parameter yang teah diuji coba secara kuantitatif Lactacyd herbal lebih baik dibanding produk lainnya.


4. Sudah diuji secara dermatologi sehingga aman digunakan setiap hari 

Lactacyd Herbal juga telah teruji secara klinis melalui tes hipoalergenik yang dilakukan oleh Gertrude P. Chan, M.D. dalam Clinical Trial Testing and Management Center pada 18 Januari hingga 18 Maret 2016. Hasil dari uji tersebut adalah Lactacyd Herbal dapat digunakan setiap hari dan dapat digunakan oleh kulit sensitif. Jadi para ladies yang memiliki kulit sensitif tidak perlu ragu memakai lactacyd herbal ya!


5. Telah terdaftar di BPOM



Ladies..hal yang paling penting dalam membeli suatu produk hal yang paling penting adalah produk tersebut juga harus sudah terdaftar di BPOM. Lactacyd Herbal udah diuji dan terdaftar di BPOM dengan nomor NA 54161600063


6. Tidak mengandung Paraben

Wah....ini nih yang juga menjadi keunggulan Lactacyd herbal ladies.. Lactacyd  Herbal tidak menggunakan Paraben sebagai bahan pengawetnya. Dimana kita tahu penggunaan paraben sebagai bahan pengawet dalam waktu yang cukup lama dan jumlah yang besar akan berbahaya bagi kesehatan yaitu kerusakan pada kulit dan bahkan penyebab penyakit kanker.

Sebagai bahan pengawet Lactacyd Herbal menggunakan thylhexylglycerin –, yaitu pengawet alami yang digunakan sebagai alternatif pengganti paraben yang berasal dari gliserin  sebagai pengawet yang aman. Ethylhexylglycerin sendiri berasal dari biji-bijian dan tanaman.



7. Cara pemakaian yang Praktis

Sebagai Ibu yang memiliki anak yang masih kecil-kecil saya lebih memilih produk perawatan yang cara pemakaiannya praktis. Lactacyd Herbal sangat praktis digunakan.


Cara menggunakan Lactacyd Herbal :
  • Cuci tangan lebih dahulu sampai bersih
  • Basahi Area V dengan air bersih
  • Tuang sekitar 5 ml Lactacyd Herbal ke telapak tangan
  • Basuh Area V dengan Lactacyd Herbal dari arah depan ke belakang
  • Diamkan sekitar 30 detik 
  • Bilas dengan air bersih
  • Keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk sampai tidak lembab
  • Digunakan 2 kali sehari (saat mandi pagi dan sore)


8. Kemasan yang menarik

Kemasan lactacyd herbal tidak berbeda jauh dengan kemasan produk Lactacyd lainnya, seperti Botol yang bentuk nya elegan, botol berwarna putih susu (karena kandungan utamanya adalah ekstrak susu), Memiliki tutup botol flip top sehingga tidak mudah tumpah, terdapat gambar daun sirih, mawar dan susu yang merupakan kandungan utama Lactacyd Herbal. Lactacyd Herbal memiliki kemasan yang 60 ml (cocok dibawa travelling) dan kemasan isi 120 ml (untuk pemakaian sehari-hari di rumah).




9. Masa Expired yang terlihat Jelas

Sebagai konsumen, hal yang sangat perlu diperhatikan adalah masa expired suatu produk. Suatu produk dikatakan aman digunakan jika tanggal produksi dan masa expired terlihat jelas. Di kemasan Lactacyd Herbal tanggal produksi dan tanggal expired sangat terlihat jelas dibagian bawah botol Lactacyd Herbal.



10.  Mudah didapat

Saat ini Lactacyd Herbal sangat mudah diperoleh loh ladies. Lactacyd Herbal dapat diperoleh di Indomaret, alfamart, Lotte, Carrefour, apotik-apotik dan juga dapat dibeli secara online.



LACTACYD HERBAL DAN PEMBERSIH KEWANITAAN MENGANDUNG SIRIH YANG ADA DI PASARAN



Berbicara dengan pembersih kewanitaan yang mengandung ekstrak sirih pastilah kita langsung menyebutkan berbagai merk produk pembersih kewanitaan mengandung daun sirih yang biasa dipakai wanita Indonesia sebelum ada Lactacyd Herbal. Nah...Saya jadi penasaran donk, apa sih keunggulan Lactacyd Herbal dibanding merk lain. Untuk menguji perbedaan dan keunggulan Lactacyd Herbal saya langsung membeli 4 botol produk pembersih kewanitaan yang mengandung sirih dengan merk yang berbeda, yaitu Lactacyd Herbal, dan 3 botol merk Pembersih kewanitaan mengandung sirih yang sering dipakai para wanita Indonesia.



Untuk membuktikan kualitas Lactacyd Herbal (60ml)  dengan 3 Pembersih kewanitaan yang lain kita sebut saja merk A (90ml), merk B(100ml), dan merk C(120ml).

Parameter yang saya gunakan :
  1. Harga Beli
  2. Kemasan
  3. Komposisi
  4. Konsistensi/ Kekentalan
  5. Bahan Alami
  6. Aroma
  7. Pengujian pH
  8. Efek Pemakaian
1. Harga Beli

Lactacyd Herbal : Rp. 19.800 untuk ukuran 60 ml dan Rp. 37.000 untuk ukuran 120 ml
Merk A: Rp 9.500 untuk ukuran 90 ml
Merk B: Rp 20.000 untuk ukuran 100 ml
Merk C: Rp 27.000 untuk ukuran 120 ml


Bisa dilihat harga Lactacyd Herbal lah yang lebih mahal, sedangkan pembersih merk A yang paling murah. Akan tetapi selisih harga Lactacyd herbal dengan merk B dan C tidak berbeda jauh.  Harga Lactacyd herbal lebih mahal sesuai dengan kualitas nya yang jauh lebih baik.




2.   Kemasan


Lactacy Herbal : Botol didominasi warna putih, tutup fliptop yang kokoh, disertai dusbox
Merk A: Kemasan botol bening dominasi warna merah muda, tutup fliptop, tidak disertai dusbox.
Merk B: Kemasan botol didominasi warna hijau, tutup fliptop, tidak disertai dusbox.
Merk C: Botol didominasi warna coklat muda, tutup fliptop, disertai dusbox

Dari segi kemasan Lactacyd herbal memiliki botol yang lebih elegan karena botol berwarna putih susu sesuai dengan kandungan utamanya, terdapat gambar Daun sirih, mawar dan susu. Selain itu kemasan Lactacyd herbal dilengkapi dusbox sehingga kemasan aman dan tidak mudah terkontaminasi dari suhu panas dan lingkungan yang tidak bersih. Lactacyd herbal memiliki dua volume, yaitu volume 60 ml cocok dibawa saat travelling dan volume 120 ml yang cocok sebagai stok di rumah karena isi lebih banyak dan lebih hemat.


3. Komposisi



Lactacy Herbal : Terdapat 17 bahan yang terkandung di dalamnya

Merk A: Terdapat 11 bahan yang terkandung di dalamnya

Merk B: Terdapat 4 bahan aktif di dalamnya (tidak mencatumkan seluruh kandungannya hanya bahan aktif nya saja)

Merk C: Terdapat 21 bahan yang terkandung di dalamnya


Dari semua merk saya lebih memilih Lactacyd Herbal, Karna hanya Lactacyd herbal yang memaparkan seluruh komposisi di dalamnya.  Untuk pengawet Lactacyd herbal tidak menggunakan Paraben melainkan Ethylhexylglycerin. Ethylhexylglycerin merupakan pengawet alami yang digunakan sebagai alternatif untuk paraben yang berasal dari gliserin merupakan pengawet yang aman.

Merk A dan Merk B tidak mencantumkan pengawet yang digunakan karena Merk A dan Merk B hanya mencantumkan bahan aktif di dalamnya. Padahal hal yang tidak mungkin produk tersebut tidak mengandung pengawet karena masa expirednya 2 tahun. Untuk Merk C menggunakan pengawet paraben yaitu Ethylparaben, Butylparaben, Propylparaben sehingga masa expirednya bisa sampai 3 tahun (terlalu lama ya ladies....)

Dari keempat produk semuanya menggunakan bahan pembuat busa. Pada Lactacyd Herbal menggunakan Sodium Laureth Sulfate. Merk A dan Merk  menggunakan Sodium Myreth Sulfate yang merupakan turunan dari SLS. Untuk Merk B tidak mencantumkan bahan pembuat busanya akan tetapi jika dipakai Merk B berbusa, artinya merk B sebenarnya mengandung bahan pembuat busa tetapi tidak mencantumkan karena hanya mencantumkan bahan aktifnya saja. SLS untuk membuat efek busa yang digunakan Lactacyd Herbal  lebih sedikit dibandig Merk A,B dan Merk C







4. Konsistensi dan Warna  




Lactacyd Herbal : Memiliki konsistensi yang cukup kental dengan warna putih susu
Merk A: Memiliki konsistensi yang cair berwarna bening
Merk B: Memiliki konsistensi cair berwarna  kecoklatan
Merk C: Memiliki konsistensi cair berwarna keruh agak kecoklatan

Dari keempat produk saya lebih suka dengan konsistensi Lactacyd Herbal. Saat menuangkan ke telapak tangan tidak mudah tumpah dan dapat mengontrol banyaknya Lactacyd Herbal yang akan dipakai. Sedangkan Merk A, B dan C konsistensinya cair sehingga saat menuangkan ke telapak tangan sering tidak terkontol dan tumpah. Sehingga dapat dipastikan pemakaian Lactacyd Herbal lebih hemat karena konsistensi nya yang pas sehingga tidak meluber atau kebanyakan saat dituangkan ke telapak tangan.

Untuk warna saya juga lebih suka dengan Lactacyd Herbal yang berwarna putih susu sesuai dengan kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu ekstrak susu. Merk A tidak berwarna seperti air biasa. Merk B berwarna kecoklatan sedangkan Merk C sedikit kecoklatan. Sehingga dari warna Merk B dan Merk C kurang menarik.


5. Bahan Alami

Lactacyd Herbal: Piper Betle leaf (daun sirih), Whey Filtrate (laktoserum), Lactic Acid dan Rosa Damascena Flower Oil (bunga mawar)
Merk A: Piper Betle leaf (daun sirih), Lactic Acid
Merk B: Piper Betle leaf (daun sirih), Areca Catechu Extract (pohon pinang) dan Labisia Pumila Extract (rumput fatimah)
Merk C: Piper Betle leaf (daun sirih), Parameria barbata bark Extract (kayu rapet), Labisia Pumila Leaf Extract (rumput ftimah)


Untuk bahan alami yang digunakan saya lebih memilih Lactacyd Herbal karena kandungan tiga kombinasi kandungan yang unik yaitu Ekstrak susu (whey Filtrate dan lactic acid), Daun sirih dan bunga mawar. Selain itu Lactacyd Herbal juga mengandung bahan herbal lainnya, yaitu salah satu dari Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil/ Azadirachta Indica Leaf Extract/ Salvia Officinalis (Sage) Oil/ Aloe Barbadensis Leaf juice powder / Thymus Zygis Oil/ Vetiveria Zizanoides Root Oil. Di mana bahan herbal tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan area V sebagai antimikroba.  Seperti Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil berguna untuk mengatasi keputihan yang berfungsi sebagai antibakteri, Azadirachta Indica Leaf Extract (daun Nimba) karena bersifat antioksidan berperan sebagai antimikroba dan juga dapat mencegah penyakit Kanker serviks.

Untuk Merk A bahan alami yang digunakan adalah daun sirih dan asam laktat tetapi tidak mengandung Laktoserum, dan tidak mengandung mawar. Pada kemasan Merk A terdapat gambar bunga mawar sedangkan dibaca pada komposisinya tidak terdapat bunga mawar hanya mengandung parfum mawar saja. Merk B mengandung Daun sirih, pohon pinang, dan rumput fatimah. Untuk Merk C mengandung daun sirih, kayu rapet dan rumput fatimah. Merk B dan C tidak terdapat ekstrak susu yang dapat melembutkan area V.

Dari semua Merk hanya Lactacyd Herbal yang menggunakan Lactoserum dan bunga mawar. Sedangkan Merk A hanya menggunakan asam laktat, dan tidak mengandung lactoserum dan bunga mawar, padahal dikemasannya Merk A terdapat gambar bunga mawar ternyata wangi bunga mawar berasal dari parfum bunga mawar. Untuk Merk B dan Merk C tidak terdapat ekstrak susu (laktoserum dan asam laktat) dan juga tidak terdapat bunga mawar.


6. Aroma

Lactacyd Herbal : Aroma wangi yang lembut dan segar (perpaduan wangi mawar, sirih dan susu)
Merk A: Aroma bunga mawar
Merk B: Aroma daun sirih yang sedikit menyengat
Merk C: Aroma daun sirih bercampur aroma rempah-rempah lainnya.

Untuk aroma saya lebih memilih Lactacyd Herbal karena aroma nya yang wangi, segar, elegan dan tidak mencolok. Lactacyd Herbal menggunakan parfum tetapi saya dapat memastikan parfum yang digunakan hanya sedikit dan masih dalam taraf aman digunakan untuk kulit sensitif area V setiap hari. Sedangkan Merk A aroma bunga rose yang mencolok karena menggunakan parfum bunga mawar tetapi tidak menggunakan bunga mawar sebagai komposisinya. Untuk Merk C dan C memiliki aroma daun sirih yang sedikit menyengat sehingga dapat dipastikan saya kurang suka aromanya.



7. Pengujian pH

Untuk menambah keyakinan saya, saya juga melakukan Uji pH terhadap keempat Merk tersebut dengan menggunakan pH Indikator.

Hasil yang saya peroleh sebagai berikut : 



Note :  Kadar pH diuji dengan menggunakan pH Indikator. Kertas pH Indikator  dicelupkan ke Lactacyd Herbal, Merk A,Merk B dan Merk C. Dalam beberapa detik kertas pH indikator akan berubah warna sesuai kadar pH masing-masing dan warna dicocokkan dengan warna pH yang tercantum dikemasan pH indikator.


Lactacyd Herbal : pH asam di antara angka 4 dan 5 (pH =4,5) 
Merk A: pH asam di antara 3 dan 4 (pH=3,5)
Merk B: pH asam diangka 3
Merk C: pH asam diangka 3

Setelah saya menguji kadar pH dengan pH Indikator, semakin menambah keyakinan saya bahwa Lactacyd Herbal merupakan pembersih kewanitaan yang terbaik, dimana pH Lactacyd Herbal  bersifat asam yaitu 4,5 sesuai dengan kondisi pH area V yang ideal. Sedangkan Merk A,B dan C juga memiliki pH asam akan tetapi pH nya terlalu asam (kurang dari 3,8). Jika pH area V terlalu asam atau dibawah 3,8 juga tidak baik, karena Bakteri baik hanya dapat hidup dalam kondisi pH 3,8-4,5. Sehingga dapat dipastikan Lactacyd Herbal memiliki pH seimbang atau pH sesuai dengan pH area V.


8. Efek Pemakaian

Saya telah memakai Lactacyd Herbal Sudah lebih 1 bulan, Efek yang saya rasakan area V area V lebih wangi, lebih kesat, kulit sekitar area V lebih lembut dan juga bebas dari yang namanya keputihan dan gatal-gatal.

Untuk Merk A,B dan C awal nya saya tidak berani memakainya. Karena sejak saya masih remaja setelah menstruasi saya hanya mempercayakan Lactacyd untuk merawat area kewanitaan saya. Akan tetapi karena saya mau menguji efek pemakaian nya sehingga saya memberanikan diri memakai Merk A,B dan C selama 3 hari untuk masing-masing merk A,B dan C. Efek yang saya rasakan memakai Merk A aroma nya wangi tetapi tidak tahan lama, kulit di area V kering dan tidak lembut. Merk B dan Merk B Aromanya saya tidak suka karena aroma sirih yang menyengat, dan juga efek pemakaian kulit di area V saya menjadi kering, tidak lembut dan muncul gatal-gatal di area V saya.


KESIMPULAN

Setelah melakukan uji kualitas dari keempat pembersih kewanitaan yang mengandung sirih, saya semakin yakin kalau telah memilih Lactacyd Herbal sebagai pembersih kewanitaan yang tepat untuk area V saya.

Dilihat dari parameter yang saya gunakan jelas sekali Lactacyd Herbal unggul. Lactacyd Herbal satu-satu nya pembersih kewanitaan yang memiliki tiga paduan yang unik yaitu ekstrak sirih, susu dan mawar. Lactacyd Herbal juga memiliki aroma yang paling saya sukai, aroma wangi yang lembut dan tahan lama menjadi salah satu daya pikat Lactacyd Herbal. 

Sejak memakai Lactacyd Herbal area V saya menjadi lebih sehat bebas dari masalah seperti keputihan,gatal-gatal, bau tak sedap dan juga dapat memberikan rasa kesat di area V dan juga kulii sekitar area V menjadi lebih lembut.

Lactacyd Herbal juga paling sedikit menggunakan bahan berbahaya seperti tidak menggunakan paraben sebagai bahan pengawetnya, selain itu Lauryl Sulfate lebih sedikit karna bisa dilihat dari busa yang dihasilkan lebih sedikit.

Dari semua merk pembersih kewanitaan hanya Lactacyd Herbal yang menggunakan ekstrak susu yaitu Asam laktat dan laktoserum. Asam laktat dan Laktoserum inilah yang menyuplai makanan bakteri baik lactobasillus, sehingga lactobacillus mampu melawan bakteri patogen yang dapat mempengaruhi kadar pH di area kewanitaan kita.

Selain tiga paduan uniknya, aroma yang wangi, memberikan efek lebih kesat, paling sedikit menggunakan bahan berbahaya,  Lactacyd Herbal juga memiliki pH seimbang yang sesuai dengan pH ideal area V. Sehingga dapat dipastikan  sangat aman dipakai dua kali sehari setiap harinya.

Sejak memakai Lactacyd herbal segala masalah seperti keputihan, gatal-gatal, bau tidak sedap tidak ada lagi. Area V menjadi lebih terawat dan juga area V lebih kesat.

Ladies... Sesibuk apapun kita, sebanyak apapun peran yang kita jalankan setiap harinya satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu merawat Area V dengan Lactacyd Herbal. Dengan merawat area V dengan Lactacyd Herbal saya yakin kita para wanita Indonesia dapat menjalankan peran-peran lebih baik lagi dan bebas berkarya tanpa terganggu dengan masalah di area V.

Berkat Lactacyd Herbal saya #JadiYangKuMau dan ingin menyapa #HaloLactacydHerbal  untuk semua wanita Indonesia yang luar biasa!

Mau tau informasi lebih lengkap tentang Lactacy Herbal? Yuk  Ladies kunjungi  : 
Website nya : www.lactacyd.co.id 
Facebook : fanpage lactacyd
Twitter : twitter Lactacyd



Sumber :

http://www.lactacyd.co.id

http://ramuanabe.com/blog/penyebab-vagina-becek-dan-cara-mengatasinya/

http://www.vemale.com/kesehatan/79256-mari-kenali-penyebab-gejala-dan-cara-mengatasi-gatal-pada-daerah-kewanitaan.html

http://www.alodokter.com/penyebab-vagina-bau-dan-cara-menjaga-

http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-daun-sirih-hijau.html

http://www.ragamalami.com/2015/03/khasiat-dan-manfaat-bunga-mawar.html



10 comments:

  1. keren nih tulisannya. GL ya mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum wr.wb pertama tama saya panjakkan syukur kepada allah yang telah memberikan rahmat atau reskinya kepada saya dan mempertemukan saya juga dengan AKI RAHMAN dan melalui bantuan pesugihan beliau aku mendapatkan uang sebesar 20m,uang ini aku manfaatkan untuk menyumbankan sebagian dan juga pergunakan untuk membuka usaha karna sudah banyak para normal yang saya hubungi dan saya datangi tidak ada yang pernah membuahkan hasil dan mereka hanya menghabiskan uangku saja, jangan mudah percaya begituh saja sama para normal lainnya karna omongannya saja yang manis tidak ada buktinya dan yang bisa dipercaya cuma AKI RAHMAN saja karna beliau sudah banyak membantuh orang terutama saya dan ternyata masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya, yaa allah lindungilah orang jujur yang seperti ini karna aku juga tidak pernah menyanka kalau saya mendapatkan uang sebesar ini dan aku hampir putus asa karna uang saya habis ditipuh paranormal dan secara tidak sengaja saya menemukan postingan orang di internet tentan AKI RAHMAN dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya kalau saya benar benar yakin dan serius dengan pesugihan putihnya dan alhamdulillah berhasil akhirnya saya juga ingin berniat atau mempostin pesan sinkat ini supaya semua orang tau kalau masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya yaituh AKI RAHMAN dan bagi anda yang ingin dibantuh silahkan hubungi 085-260-482-111 mohon maaf kalau postingan pesan saya ini menggangguh anda dan apa yang saya tulis ini adalah unkapan kisah nyata dari saya PAK SULAIMAN kunjungi alamat web disini ��Pesugihan Putih Tanpa Tumbal��

      Delete
  2. Replies
    1. Sejauh ini belum ada penelitian untuk ibu hamil mba. Coba konsultasikan dulu dengan dokter kandungan mba, tapi waktu saya hamil dulu saya pakai lactacyd kok mba, kata dokter kandungan saya ga apa asal jangan berlebihan

      Delete
  3. saya sudah coba dan langsung suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah....mba juga suka y...sperti nya semua wanita pasti suka wanginya n manfaat nya mba

      Delete
  4. Boleh gak kalau dipakai untuk usia 20 tahun ?

    ReplyDelete